Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang diapit oleh dua benua, Asia dan Australia. Selain itu, posisi Indonesia juga berada diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Untuk iklim, Indonesia merupakan negara tropis dan negara kepulauan terbesar yang memiliki 17.504 pulau, salah satunya Bali yang miliki banyak Destinasi Wisata.

Mengenal Pulau Bali

Bali atau yang biasa disebut sebagai Pulau Dewata ini merupakan pulau yang sangat terkenal di dunia. Keindahan panorama alam dan kebudayaannya menjadi magnet dan daya tarik yang sangat kuat dalam menghadirkan banyak pesona alam yang cocok menjadi tujuan destinasi wisata kalian di Bali.

Melihat sisi adat dan budaya, jika kita amati dari puncak gunung, di tepi pantai, di tengah danau, di pinggir sungai, di bawah pohon besar, di dalam gua, di tengah hutan, di sawah, di perempatan jalan, dan hingga di pekarangan rumah dibangun pura-pura yang sederhana hingga yang paling megah. Ribuan pura ini lah yang membuat Bali berbeda dengan pulau-pulau lain yang ada di Indonesia.

Berikut Destinasi Wisata Pilihan di Bali

1. Pantai Kuta

Jika kamu pecinta senja dimana matahari tenggelam langsung dalam air, pantai Kuta ini sangat cocok untuk di datangi. Pantai ini memang merupakan pantai dengan julukan “Pantai Matahari Terbenam”, dengan menikmati keindahan matahari terbenam dengan garis pantai yang panjang dan melengkung didukung dengan ombak yang tidak terlalu besar membuat suasana di pantai ini menjadi sangat syahdu. Selain menikmati senja, kamu juga bisa berselancar di pantai ini.

2. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa merupakan pantai yang berada di Desa Kutuh, Kabupaten Badung ini lebih dikenal wisatawan mancanegara dengan nama “Secret Beach”. Pesona pantai pasir putih yang sangat bersih ini akan membuat siapapun yang datang berkunjung terkesima. Didukung dengan ombak yang tenang dan bebas dari polusi serta pedagang acung akan membuat kamu nyaman dan betah untuk berlama-lama berdiam di pantai ini.

3. Pantai Tanjung Benoa

Jika kamu pecinta olahraga air, Tanjung Benoa sangat direkomendasikan untuk kamu. Pantai yang berbatasan dengan Nusa Dua, Bali ini memiliki ombak yang tenang sehingga mendukung tempat untuk menjadi pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali. Bermacam watersport dapat kamu mainkan di pantai ini, seperti snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dll. Selain itu, kamu dapat menemukan penyu raksasa di PulauPenyu hanya dengan menyebrang laut menggunakan perahu dari Tanjung Benoa.

4. Pantai Tanah Lot

Keunikan dari pantai yang satu ini adalah terdapat pura yang terletak diatas tebing ditengah laut yang berjarak sekitar 300m dari bibir pantai. Kemudian terdpat batu karang yang ditengahnya terdapat gua besar. Pura Tanha Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan dimana merupakan pura tempat pemujaan dewa penjaga laut. Pantai ini terkenal juga dengan keindahan sunsetnya dengan berhias siluet pura ditengah laut tersebut.

5. Pantai Jimbaran

Bagi kamu pecinta kuliner, Jimbaran merupakan tempat yang wajib di kunjungi. Pantai yang berada di Kabupaten Badung ini terkenal dengan pesona sunset yang indah, dan kuliner seafood. Cocok didatangi saat sore hari hingga malam saat kafe-kafe mulai buka. Ombak laut yang tenang membuat pantai ini begitu terasa romantis. Setelah berjalan disepanjang pantai, kamu dapat mengakhiri kegiatan dengan makan malam di kafe dengan sajian seafood yang juara, membuat moment makan malam lebih berkesan.

6. Pantai Nusa Dua

Jika kamu mencari pantai dengan suasana kondusif yang tenang dan mewah. Pantai Nusa Dua merupakan pantai yang cocok untuk didatangi. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dengan garis pantai yang panjang dang bersambungan 3 pantai sekaligus dalam satu loakasi yaitu pantai Nusa Dua, pantai Geger, pantai Water Blow. Di pantai ini kamu dapat duduk bersantai di bibir pantai di bawah matahari tropis menikmati keindahan panorama garis pantai yang melekuk indah.

7. Pantai Dreamland

Ciri khas yang dihadirkan oleh pantai Dreamland ini adalah, banyaknya batu-batu karang besar yang banyak di sekitar pantai dilengkapi dengan tebing-tebing yang terjal yang sebagian tertutup oleh tanaman hijau, membuat pantai ini terkesan “tersembunyi”. Untuk kalian para peselancar, ombak di pantai ini bervariasi, sehingga cocok untuk mengasah kemampuan menaklukkan berbagai variasi ombak. Selain itu, pantai ini juga menghadirkan sensasi sunset dengan langit berwarna jingga, menambah keindahan nan eksotis pantai Dreamland ini.

8. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

GWK merupakan salah satu taman budaya yang saat ini sedang melejit dan menjadi ikon pariwisata di Bali. Berlokasi di desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali ini menyuguhkan kemegahan ikon patung Dewa Wisnu menaiki Garuda. Ukuran patung GWK telah mencapai 121m dengan sayap garuda yang membentang hingga 64m ini telah melebihi patung Liberty, Amerika Serikat.

Selain suguhan patung yang megah tersebut, kamu juga dapat menyaksikan berbagai macam pertunjukan khas Bali seperti: Tari Bali, Tari Barong Keris, Garuda Wisnu Ballet, Tari Nusantara, dan Tari Kecak Garuda Wisnu.

9. Kintamani

Berlokasi di bagian timur laut pulau Bali dan berada di bawah kaldera salah satu gunung berapi yang masih aktif di Bali, Gunung Batur. Berbeda dengan wisata-wisata yang ada di Bali, suhu di tempat wisata Kintamani ini berkisar 21 derajat celcius disiang hari. Dengan iklim yang sejuk dan udara segar pegunungan membuat Kintamani menjadi tempat favorit untuk berdiam diri dan memandang agungnya Gunung Batur dan Danau Batur. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandian air panas alami yang terdapat di desa Toya Bungkah.

10. Pura Ulun Danu, Bedugul

Pura ini merupakan pura Hindu terapung di tepi danau Bedugul, Tabanan. Berada di daerah dataran tinggi sekitar 1.200m di atas permukaan laut membuat udara disekitar area pura menjadi sangat sejuk. Jika kamu menyukai keunikan arsitektur khas Bali, berhiaskan tata kebun dengan berbagai macam bunga dan lingkungan alam yang masih alami, Pura Ulun Danu ini sangat cocok didatangi. Selain itu, ditempat ini kamu juga dapat melihat candi Bentar dengan keunikan pura yang berdiri gagas seolah terapung diatas air.

11. Bali Safari Marine Park

Jika kamu ingin berjelajah dan merasakan sensasi alam liar Afrika, Blai Safari Marine Park ini sangat wajib kamu kunjungi. Sebenarnya, wisata ini menyuguhkan budaya Bali kuno hingga Bali modern dan dibangun sedemikian rupa sehingga mirip dengan alam liar. Binatang yang ada di dalam taman safari ini merupakan binatang dari 3 wilayah yang sebagian terancam punah. Selain menyuguhkan perjalanan dengan edukasi hewani, kamu juga dapat menikmati safari gajah (menyusuri alam menaiki gajah) dan juga pertunjukan drama perburuan gajah. Disisi lain wisata alam liar, kamu juga dapat mengunjungi waterpark yang ada di taman safari ini dengan berbagai suguhan permainan atau wahana ekstrim.

12. Monkey Forest Ubud

Merupakan kompleks cagar alam dan pura Mandala Suci Wenara Wana yang berkonsep Tri Hita Karana (Tig acara mencapai kesejahteraan lahir dan batin). Dengan menjaga keharmonisan hubungan antar sesame manusia, alam sekitar, dan Tuhan. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mencari kedamaian. Disamping itu, jika kamu ingin merasakan sensasi hidup dialam liar ditemani 600 ekor kera Bali berekor panjang, Monkey Forest Ubud ini merupakan tempat yang cocok untuk mencari nuansa baru.

Itulah daftar Destinasi Wisata di Bali yang wajib kamu kunjungi. Happy Holiday!
Werkudara Group juga bisa membantu kalian untuk mengadakan berbagai kegiatan di Pulau Bali, seperti outing, team building, meeting, dan gala dinner.