Wilayah Indonesia Timur yang memiliki banyak Destinasi Wisata Pilihan salah satunya adalah Labuan Bajo. Kota kecil yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur ini dikelilingi pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang menawan dan memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dan akan menghipnotis siapa saja yang datang berkunjung.  

Selain itu, Labuan Bajo juga memiliki pelabuhan unik dengan bentuk bertingkat. Hal ini dikarenakan daratan yang ada diatas pantai lebih luas daripada pantai itu sendiri. Unik bukan? Werkudara juga beberapa kali mengadakan kegiatan di Labuan Bajo, mulai dari High Level Meeting hingga Incentive.

Berikut Destinasi Wisata Favorit di Labuan Bajo

1. Pulau Komodo

Pasti tempat wisata ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, dimana di pulau ini Anda dapat melihat kehidupan liar hewan raksasa peninggalan purbakala yakni Komodo dalam jarak dekat. Populasi Komodo yang ada saat ini ada 2.984 ekor yang tersebar di pulau Komodo, pulau Rinca, pulau Padar, pulau Gilimotang, dan Pulau Nusakode.

Selain Komodo, Anda juga dapat menemuan kakatua kecil jambul kuning yang sudah semakin punah populasinya. Karena pulau ini iddominasi hutan dengan berbagai tanaman, maka di pulau ini Anda juga dapat berwisata alam tracking menyusuri hutan dan mendaki bukit.

2. Pulau Rinca

Jika di pulau Komodo didominasi hutan, pulau Rinca yang satu ini lebih didominasi dengan padang savanna yang eksotis. Untuk medan atau jalur tracking pun pulau Rinca ini lebih panjang dan menantang.

3. Pulau Padar

Pulau ini merupakan pulau yang memiliki bukit-bukit tinggi yang mana dari ketinggian tersebut Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar pulau denghan birunya air laut yang jernih sangat menawan dan memukau. Terlebih jika Anda ingin berburu betapa eksotisnya sunrise dan sunset dari atas bukit.

4. Pulau Kalong

Kalong, atau dalam bahasa Indonesia kelelawar menunjukkan bahwa dipulau ini terdapat ribuan kelelawar yang singgah. Jika Anda ingin menikmati suasana sunset yang “gelap” namun eksotis, datanglah ke pulau ini pukul 18.00 WIT, karena itu adalah saat-saat keindahan sunset tersibak dihiasi ribuan kelelawar yang terbang dilangit.

5. Pulau Kelor

Berbeda dengan wisata pulau-pulau yang lain, jika Anda ingin menikmati keindahan laut yang ada, pulau Kelor ini adalah destinasi yang pas. Selain menyuguhkan keindahan pulau dan bukit yang ada, di pulau ini juga menawarkan pesona karang dan koral yang sangat indah. Disini pula Anda dapat melihat gagahnya bukit yang berdiri di seberang pulau.

6. Gua Batu Cermin

Jika Anda merupakan petualang dan ingin menyusur alam gua, wisata Gua Batu Cermin ini cocok untuk didatangi. Didalam gua ini Anda akan disuguhi pemandangan stalaktit dan stalagmite dilorong-lorong yang panjangnya mencapai 200m. Ditambah dengan sepercik cahaya matahari yang masuk kedalam gua melalui lubang dan terpantul di dinding batu layaknya cermin. Disebagian gua juga akan Anda temukan fosil-fosil hewan laut seperti karang, ikan, dan penyu yang menempel di dinding.

7. Wae Rebo

Wae Rebo merupakan desa adat diatas pegunungan yang memiliki 7 rumah adat bernama Mbaru Niang. Setiap rumah nya terdiri dari lima lantai dengan atap daun lontar dan ditutupi oleh ijuk. Dalam satu rumah akan dihuni enam hingga delapan keluarga. Destinasi ini cocok jika Anda ingin mempelajari adat dan budaya masyarakat di Desa Adat Waae Rebo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Itulah Destinasi Wisata pilihan di Labuan Bajo, tertarik untuk mengunjungi atau mengadakan kegiatan di Labuan Bajo? Werkudara siap membantu kalian.