Event Organizer atau yang biasa dikenal sebagai EO pada umumnya merupakan organisasi/perusahaan penyedia jasa professional penyelenggara acara. Bentuk event organizer (EO) sebenarnya telah dikenal luas dalam lingkup organisasi pendidikan, kemasyarakatan, dan pekerjaan.

Dalam konteks bisnis EO merupakan bidang jasa yang merancang, mengadakan, dan mengontrol suatu acara, mulai dari perencanaan awal, persiapan acara dan seluruh kebutuhan logistiknya, yang kemudian dilanjutkan dengan eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu clientnya untuk menyelenggarakan suatu acara sesuai yang diharapkan.

Event organizer (EO) sekilas mirip dengan kepanitiaan acara (in-house production), namun tentunya kedua hal ini adalah hal yang berbeda. Dilihat dari keberlangsungan event organizer tersebut, jika dalam bentuk kepanitiaan setelah acara telah usai dilaksanakan maka berakhir pula tugas orang-orang yang terlilbat didalamnya. Namun, dalam yang mengarah pada profesi tentu tidak akan berbatas, meskipun acara telah terlaksana namun kegiatan orang-orang didalamnya akan terus berlangsung dan akan disusul dengan pelaksanaan acara-acara yang lainnya.

Acara-acara yang diadakan oleh event organizer (EO) tidak hanya sekedar mendirikan sebuah panggung, mendatangkan band, konser, dan lain-lain, karena pada dasarnya ada beberapa jenis event organizer (EO).

Event organizer (EO) dibagi menjadi beberapa jenis :

1. One Stop Service Agency (EO)

Merupakan Event Organizer yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara dalam skala besar dari tingkat lokal hingga internasional. Event Organizer (EO) ini bertanggung jawab penuh dari segi tempat, dekorasi, dan lain-lain sesuai kebutuhan dan keinginan client.
Contoh dari acara-acara yang dilaksanakan oleh One Stop Service Agency seperti pagelaran-pagelaran yang memiliki ribuan penonton seperti acara konser musik, pesta akbar, hingga pertunjukan maupun konser musik kelas internasional.

2. MICE

Mice adalah singkatan dari Meeting, Incentive, Conference, Exhibition. Event Organizer dalam bidang MICE ini merupakan penyelenggara acara formal, professional, dan juga entertainment, seperti pesta maupun tour setelah tujuan awal acara perusahaan tercapai.

Jenis-jenis kegiatan yang berhubungan dengan MICE :

  1. Forum
  2. Incentive Tour (Travel Program)
  3. Press Conference
  4. Congress
  5. Convention
  6. Workshop
  7. Seminar
  8. Symposium
  9. Meeting

3. Brand Activation

Brand activation atau aktivasi merek merupakan bentuk kegiatan promosi suatu merek dengan cara berinteraksi langsung dan lebih dekat dengan penggunanya melaui acara-acara maupun kegiatan pengalaman yang menarik perhatian masyarakat.

Maka, event organizer (EO) dalam kategori ini tugasnya mengadakan suatu acara untuk membantu clientnya mempromosikan brand/merek yang akan dikenalkan untuk meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk dikalangan konsumen.

Beberapa bentuk Brand Activation menurut Wallace (2012):

  1. Direct Marketing Activation
    Merupakan jenis brand activation yang langsung (direct) berhubungan dengan konsumennya. Contohnya seperti wawancara di televisi, radio, media cetak, sampling, dan sebagainya.
  2. Social Media Activation
    Jenis brand activation ini melakukan beberapa kegiatan online di social media seperti email blast, facebook, twitter, dan instagram.
  3. Promotions Activation
    Brand activation dalam bentuk ini melibatkan promo-promo spesial terkait produk atau jasanya. Contohnya seperti mengadakan potongan harga, launching produk baru, kemasan special, penggunaan brand ambassador, dan lain sebagainya.
  4. Marketing Event Activation
    Marketing Event Activation merupakan brand activation yang dilakukan dalam bentuk event/acara. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam jenis brand activation ini seperti kegiatan-kegiatan pameran, kontes pemilihan ambassador, arena games, dan lain sebagainya.
  5. Sponsorship Activation
    Dalam sponsorship activation, suatu perusahaan barang/jasa tertentu memberi bantuan mendanai suatu acara ataupun kegiatan seperti kegiatan olahraga, musik, dll. Dengan begitu, brand tersebut akan dipromosikan sepanjang acara baik secara tertulis dimedia (backdrop, lcd, stand khusus) maupun secara lisan oleh MC acara.

4. Musik dan Hiburan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat EO dalam kategori ini, baik secara langsung maupun ditelevisi. Secara umum, dalam kategori ini sebuah EO akan menyelenggarakan suatu acara dalam bidang hiburan, seperti: festival band (musik), karnaval, festival budaya, dll.

5. Pernikahan

Event organizer dalam kategori ini akan bertugas sebagai penyelenggara acara pernikahan clientnya. Konsep yang kreatif tentu akan membuat suatu acara pernikahan menjadi moment yang sangat berkesan bagi client.

6. Ulang Tahun

Beberapa acara ulangtahun, khususnya dalam skala yang cukup besar biasanya akan membutuhkan jasa event organizer. Umumnya dalam perayaan ulangtahun diumur 17th, dimana seorang anak dianggap telah beranjak dewasa.