“Kontribusi wisatawan dalam industri MICE baru 3% dari total keseluruhan wisatawan asing, Pengeluaran mereka tiga kali lipat lebih besar daripada turis biasa.”

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro

Banyak orang bertanya-tanya apakah MICE itu?
Seperti apa bentuk acara dalam MICE? Apakah MICE dapat dihandle oleh semua event organizer (EO)?

Berbicara tentang perkembangan MICE, secara umum MICE adalah singkatan dari Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition. Tidak semua event organizer (EO) dapat menyelenggarakan MICE. Karena MICE ini merupakan acara professional, maka EO penyelenggara MICE yang baik tentunya EO yang telah tersertifikasi dan menjadi anggota dari Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) dan Member of Indonesia Event Industry Council (IVENDO).

Sebagai contoh salah satu event organizer (EO) di Indonesia yang bergelut dibidang MICE dan telah menjadi anggota INCCA-IVENDO adalah Werkudara Group. Perusahaan yang memiliki unit bisnis event management ini telah menjalankan banyak event nasional maupun internasional khususnya dibidang MICE.

Penjelasan tentang Meeting, Incentive, Conference, Exhibition

1. Meeting

“Meeting adalah suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan orang secara bersama-sama”

Kesrul, 2004

Kegiatan meeting ini biasanya diselenggarakan oleh suatu perkumpulan/ asosiasi/ perusahaan dengan tujuan meningkatkan efektifitas kerja sumber daya manusia dan profesionalisme.

Hal-hal yang diperlu dipersiapkan sebuah event organizer (EO) dalam mengadakan suatu meeting adalah: venue/tempat, peralatan dan perlengkapan meeting (e.g proyektor, sound, notebook, interpreteur (jika dibutuhkan dalam konteks internasional), dll), pengaturan penataan layout kursi, hingga menyiapkan akomodasi/penginapan bagi peserta meeting, dan tentunya membuat agenda dan menyusun susunan acara dari awal hingga berakhirnya acara.

Contoh Meeting yang dihandle oleh Werkudara Group

  1. High Level Meeting of Bank Indonesia & OJK at Bogor
  2. High Level Meeting of Bank Indonesia & LPS at Labuan Bajo
  3. 13th ASEAN Insurance Training & Research Institute (AITRI) Management Board Meeting
  4. 19th ASEAN Insurance Regulator Meeting
  5. Yayasan Belantara Annual Meeting
  6. 5th Annual General Meeting of ARIN-AP
  7. Annual Meeting of CCSBT KKP
  8. Rapat Evaluasi Kinerja BPOM Biro Kerjasama
  9. Rapat Koordinasi Bank Indonesia
  10. Rekda & Rakor Pusda Bank Indonesia
  11. Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementrian Koperasi
  12. Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Kepegawaian Negara (BKN)

2. Incentive

Insentive sebenarnya banyak bentuknya, bisa berupa uang, barang atau paket wisata. Namun dalam dunia event organizer (EO) tentu insentive yang dimaksud adalah insentive trip yang mana merupakan suatu kegiatan perjalanan/wisata yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai penghargaan atas prestasi mereka mengembangkan perusahaan yang bersangkutan.

Dalam menyelenggarakan insentive trip, sebuah event organizer (EO) harus mempersiapkan beberapa hal seperti daftar tujuan wisata yang akan dikunjungi, kegiatan apa saja yang akan dilakukan, pelayanan khusus apakah yang akan disodorkan kepada peserta tour, dan masih banyak lagi, karena tiap event organizer pasti akan menyajikan pelayanan yang berbeda dengan gayanya masing-masing.

Contoh Incentive trip yang dihandle oleh Werkudara Group

  1. A.W.A Rapala (Polandia) Tour to Yogyakarta
  2. Amazing Moment of Thailand by Surya Madistrindo
  3. International Monetary Fund, Bank of Turkey Dinner at Bali, Indonesia
  4. CIMB Securities Team Building & Lava Tour
  5. World Bank Country Team Retreat
  6. Perusahaan Pengelola Aset – Cultural Trip to Medan
  7. PT. Pelabuhan Indonesia (IPC) Employee Gathering in Bali
  8. Surya Madistrindo Dumai Tour to Yogyakarta
  9. Surya Madistrindo Kendari Tour to Malang
  10. Surya Madistrindo Semarang Tour to Sumba
  11. Surya Madistrindo Trip to Kepulauan Derawan

3. Conference

Makna literal dari conference adalah konferensi, yaitu sebuah pertemuan untuk berunding dan bertukar pendapat mengenai suatu masalah atau topik tertentu yang sedang dihadapi bersama. Pada umumnya, dalam pertemuan ini akan dihadirkan seorang atau beberapa tokoh dibidang tertentu. Beberapa konferensi juga akan diakhiri dengan konferensi pers, dimana akan ada sesi khusus untuk media dan pembicara melakukan tanya jawab tentang hal yang dibahas/diumumkan.

Persiapan yang harus dilakukan sebuah event organizer (EO) dalam menyelenggarakan konferensi adalah memastikan topik yang akan dibahas oleh client, dan dapat mendatangkan pembicara atau tokoh yang bersangkutan dan telah dianggap mumpuni dibidang tersebut, selain itu juga memastikan siapa saja peserta yang akan menghadiri konferensi tersebut, kebutuhan lain yang juga penting untuk dipersiapkan adalah venue, pengaturan layout kursi dan segala keperluan barang yang dibutuhkan selama konferensi berlangsung.

Contoh Conference yang telah dihandle oleh Werkudara Group

  1. Executional Excellence National Sales Conference of MSD
  2. The 1st International Conference on Indonesia Family Planning & Reproductive Health (ICIFPRH) of Gajah Mada University (UGM)
  3. Our Ocean Conference of World Bank
  4. Konika Congress of Pediatrics
  5. Bank Indonesia Annual Investment Forum
  6. 13th Session Codex Committee – BPOM
  7. KPK – Rembuk Integritas Nasional (RIN)
  8. KPK Workshop Penguatan Kerjasama Telekomunikasi
  9. Seminar Nasional IKNB oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  10. Forum Kehumasan dan Sekuriti 2019 oleh SKK MIGAS & KKKS
  11. Study Group on Asian Tax Administration and Research (SGATAR) By Kementrian Keuangan DJP
  12. World Bank – Launch of Aspiring Indonesia
  13. Dll.

4. Exhibition

Exhibition umumnya dikenal sebagai pameran. Secara makna, exhibiton adalah suatu pertemuan yang dihadiri secara bersama-sama oleh sekelompok produsen dan atau pembeli dalam satu pameran dengan segmentasi pasar yang berbeda dengan tujuan sebagai media penyebaran informasi, perkenalan sekaligus pemasaran suatu produk, baik bentuk gagasan maupun barang.

Pada moment exhibition ini pula, suatu perusahaan/produsen dapat menggelar hasil karyanya bagi umum maupun perusahaan lain yang berminat untuk membelinya. Kegiatan pameran juga akan dibarengi dengan seminar terkait tujuan exhibition tersebut, lika-liku serta proses pembuatan produk yang digelar.

Contoh Exhibition yang dihandle oleh Werkudara Group

  1. DANONE – Indonesia Convention Exhibiton
  2. Bank Indonesia Grebek UMKM 2019